MEMAHAMI KODE KEDIP
14.25
By
Solder Pecebeq
0
komentar
Macam-macam
sistim protektor pesawat
televisi :
• Protektor x-ray
• Protektor vertikal
• Protektor B+ over
current (OCP)
• Protektor B+ over
voltage (OVP)
• Protektor ABL
• Protektor tegangan suply
(jika short atau putus)
• Protektor white balance
• Protektor sirkit power
suply (SMPS)
1.Protektor x-ray (sinar-x)
Merupakan sistim
protektor yang diterapkan
paling awal dalam teknik
televisi, oleh karena itu
paling banyak dijumpai
pada pesawat model-
model lama. Jika tegangan
tinggi anode tabung
gambar dari tranfo flyback
melebihi batas yang
diperbolehkan, tabung
gambar dapat
menghasilkan sinar-x dari
bagian anode dan
shadowmask yang
dibombardir oleh elektron-
elektron kecepatan tinggi.
Untuk menghindari
problem ini maka
dipasang sikit protektor x-
ray, dimana secara
otomatis “bagian
horisontal akan dimatikan”
jika tegangan tinggi dari
flyback over.
Cara kerja protektor x-ray :
• Tegangan tinggi flyback
disampel (umumnya
diambil dari pin-heater),
disearahkan dan
diturunkan menggunakan
pembagi (devider) yang
menggunakan resistor-
resistor jenis presisi tinggi.
Tegangan sampel inilah
yang digunakan untuk
mengetahui apakah
tegangan flyback
kondisinya normal atau
over.
• Sebuah “diode zener”
sebagai sensor
dihubungkan ke tegangan
sampel ini. Pada kondisi
normal besarnya
tegangan sampel adalah
dibawah nilai tegangan
zener sehingga diode pada
kondisi “off” atau tidak
tembus.
• Seumpama ada kejadian
tiba-tiba tegangan flyback
naik – maka tegangan
sampel akan naik melebihi
nilai tegangan diode, yang
menyebabkan diode “on”
atau tegangan menembus
diode, yang akan memicu
protek aktip bekerja.
tu sebagian contoh
proteksi.. drunken ,jadi
harus memahami
atu..atu..
Kode kedip ditunjukkan
dengan cara:
1. Kode kedip
menggunakan LED merah,
kalo hijau yang berkedip
mungkin bukan kode
kedip.
2. Sebagai gambaran
(gunakan imajinasimu),
kode kedip 4 akan
ditunjukkan sebagai
berikut : lampu led
menyala 4 kali (lamanya
kira2 200ms setiap
menyala--kira2
seperempat detik--),
kemudian jeda/mati kira2
setengah detik (400ms) --
menyala/kedip lagi 4 kali --
> jeda/mati kira2 setengah
detik (400ms) --> kedip
lagi 4 kali ........ begitu
seterusnya.
Sedangkan jenis kode
kedipnya beserta jenis
kerusakannya sebagai
berikut (berdasarkan
pengalaman penulis),
sebagai berikut :
• Kedip 1 kali : bus data
error mungkin disebabkan
program gagal dalam
membaca memory atau
bus data (SDA, SCL).
• Kedip 3 kali : Jungle (osc
horisontal, vertikal), bisa
juga disebabkan karena x-
ray (ABL).
• Kedip 4 kali : Sinkronisasi
gagal, video/raster tidak
terdeteksi, VIF. Switch AV
perlu diperhatikan.
• Kedip 6 kali : Internal
peripheral, nicam, SIF.
Disebabkan data service
yang tidak sesuai.
• Kedip 7 kali : internal
setting, format signal,
setting decoder.
Disebabkan data service
yang tidak sesuai.
• Kedip 8 kali : Tuner
(gagal mengeset frekuensi
tuner atau tuner tidak
terdeteksi), juga bisa
disebabkan peripheral luar
(misalnya AN5891K,
M52797SP) karena bus
terganggu.
dari kode kedip yang ada
merupakan
sebagian ,kadang ada
kedip yang selaian td..jd
dengan kode kedip kita bs
lebih terarah kmana hrus
mencari kerusakannya
sistim protektor pesawat
televisi :
• Protektor x-ray
• Protektor vertikal
• Protektor B+ over
current (OCP)
• Protektor B+ over
voltage (OVP)
• Protektor ABL
• Protektor tegangan suply
(jika short atau putus)
• Protektor white balance
• Protektor sirkit power
suply (SMPS)
1.Protektor x-ray (sinar-x)
Merupakan sistim
protektor yang diterapkan
paling awal dalam teknik
televisi, oleh karena itu
paling banyak dijumpai
pada pesawat model-
model lama. Jika tegangan
tinggi anode tabung
gambar dari tranfo flyback
melebihi batas yang
diperbolehkan, tabung
gambar dapat
menghasilkan sinar-x dari
bagian anode dan
shadowmask yang
dibombardir oleh elektron-
elektron kecepatan tinggi.
Untuk menghindari
problem ini maka
dipasang sikit protektor x-
ray, dimana secara
otomatis “bagian
horisontal akan dimatikan”
jika tegangan tinggi dari
flyback over.
Cara kerja protektor x-ray :
• Tegangan tinggi flyback
disampel (umumnya
diambil dari pin-heater),
disearahkan dan
diturunkan menggunakan
pembagi (devider) yang
menggunakan resistor-
resistor jenis presisi tinggi.
Tegangan sampel inilah
yang digunakan untuk
mengetahui apakah
tegangan flyback
kondisinya normal atau
over.
• Sebuah “diode zener”
sebagai sensor
dihubungkan ke tegangan
sampel ini. Pada kondisi
normal besarnya
tegangan sampel adalah
dibawah nilai tegangan
zener sehingga diode pada
kondisi “off” atau tidak
tembus.
• Seumpama ada kejadian
tiba-tiba tegangan flyback
naik – maka tegangan
sampel akan naik melebihi
nilai tegangan diode, yang
menyebabkan diode “on”
atau tegangan menembus
diode, yang akan memicu
protek aktip bekerja.
tu sebagian contoh
proteksi.. drunken ,jadi
harus memahami
atu..atu..
Kode kedip ditunjukkan
dengan cara:
1. Kode kedip
menggunakan LED merah,
kalo hijau yang berkedip
mungkin bukan kode
kedip.
2. Sebagai gambaran
(gunakan imajinasimu),
kode kedip 4 akan
ditunjukkan sebagai
berikut : lampu led
menyala 4 kali (lamanya
kira2 200ms setiap
menyala--kira2
seperempat detik--),
kemudian jeda/mati kira2
setengah detik (400ms) --
menyala/kedip lagi 4 kali --
> jeda/mati kira2 setengah
detik (400ms) --> kedip
lagi 4 kali ........ begitu
seterusnya.
Sedangkan jenis kode
kedipnya beserta jenis
kerusakannya sebagai
berikut (berdasarkan
pengalaman penulis),
sebagai berikut :
• Kedip 1 kali : bus data
error mungkin disebabkan
program gagal dalam
membaca memory atau
bus data (SDA, SCL).
• Kedip 3 kali : Jungle (osc
horisontal, vertikal), bisa
juga disebabkan karena x-
ray (ABL).
• Kedip 4 kali : Sinkronisasi
gagal, video/raster tidak
terdeteksi, VIF. Switch AV
perlu diperhatikan.
• Kedip 6 kali : Internal
peripheral, nicam, SIF.
Disebabkan data service
yang tidak sesuai.
• Kedip 7 kali : internal
setting, format signal,
setting decoder.
Disebabkan data service
yang tidak sesuai.
• Kedip 8 kali : Tuner
(gagal mengeset frekuensi
tuner atau tuner tidak
terdeteksi), juga bisa
disebabkan peripheral luar
(misalnya AN5891K,
M52797SP) karena bus
terganggu.
dari kode kedip yang ada
merupakan
sebagian ,kadang ada
kedip yang selaian td..jd
dengan kode kedip kita bs
lebih terarah kmana hrus
mencari kerusakannya
0 komentar: