KASUS PADA TV POLYTRON

kasus tv polytron

POLYTRON MX 5217POLYTRON MX 5217
POLYTRON MX -5202POLYTRON MX -5202
POLYTRON MX -5202POLYTRON MX -5202



TV POLYTRON MX-5202,R517 terbakar terus


                   Beberapa hari yang lalu dapet servisan tv Polytron type MX-5202 yang menggunakan aisy single HBT-00-04G dengan kerusakan estafet alias Bruntun alias sambung menyambung ....wis pokoke kerusakan nggak satu tok,gitu aja ya! hehehehe...awal kerusakan seperti pada gambar di atas,yaitu gambar blangking putih di sertai penyempitan gambar di kiri kanannya dan LED indikator menyala redup sekali.
                   Kerusakan yang seperti ini karena disebabkan hilangnya/ngedropnya tegangan 5V yang masuk ke pin Vcc CPU aisy single yaitu pada pin 9,kemudian saya cek area tegangan 5V tersebut dan di dapati ada R517=180ohm dalam keadaan terkapar karena terpanggang tegangan dari 30V,dan ada juga diode zener D512=5.6V dalam keadaan short,dan juga satu lagi diode zener 5.6V di bagian PCB panel depan juga SHORT
                   Setelah penggantian ketiga komponen tadi,saya pun coba nyalakan tv nya untuk melihat reaksinya dan m@k ngik...ngik...ngik....ngik....ngik.....raster tidak muncul di sertai dengan LED yang berkedip-kedip seirama dengan suara tadi,kemungkinan dari FBTnya sumber bunyinya. Kemudian saya lakukan pengukuran tegangan 5V di pin 9 aisy single ini dan di dapati hanya terukur 2.5V saja dan setelah saya ukur resistansinya terhadap ground pin ini adalah SHORT !!!!!

                 SETELAH IC HBT DIGANTI YES!! tv pun sudah nyala normal kembali,dalam keadaan nyala tanpa antena alias blueBACK saya biarkan tv standby sendiri kurang lebih 10/15 menitan lAK YO TENAN TO,,......di saat tv standby inilah ada susulan kerusakan lagi,yaitu R517=180ohm menjerit-jerit karena terkapar terpanggang oleh tegangan 30V dan efeknya yaitu ke MENDENG alias terbakar,saya ganti lagi terBaKar lagi,saya ganti wattnya yang lebih gede juga MODAR MENEH.

                    Kembali ke permasalahan terbakarnya R517,setelah CEK DAN RICEK ternyata penyebabnya adalah T506=C1815 sudah gemblung,kemudian saya menggantinya dengan transisitor yang kemampuannya lebih gede yaitu type D400,dan setelah di coba nyalakan tv dalam keadaan standby R517 itu pun sudah tidak TERBAKAR LAGI......
                   MAIH ADA KENDALA LG,setelah R517 sudah tidak keMUTUK lagi giliran panel yang nggak berfungsi begitu juga dengan remotnya,jadi tv hanya dalam keadaan standby saja, di ON kan dari panel maupun remot nggak bisa ON,padahal sebelum terjadinya kebakaran R517 tv bisa ON sendiri, COBA CEK  tegangan di kedua pin krystalnya di dapati masing-masing pin terukur 1.9V dan 1.3V dan ini adalah normal,beralih ke pin RESET aisy single di dapati tegangan sebesar 4.4V berarti normal,naaaaah berarti yang gemblung aisy RESETnya yaitu IC702=KIA7045AP,ternyata terbakarnya R517 tadi telah membuat aisy reset tewas,kemudian saya cabut aisy reset dan saya coba ON kan dari remot/panel ternyata belum respon,kemudian saya paksa reset dengan mengSHORTkan pin 2 dan 3 aisy reset sekejap saja mAk  NYOS.....dan akhirnya bisa ON  dari remot/panelnya,penggantian aisy reset pun di lakukan dan saya test lagi dengan mengON-OFFkan dari remot sudah respon kembali,panel juga berfungsi kembali hehehehe.....
                   Setelah semua fungsi remot dan panel sudah normal kini giliran masuk ke penyettingan,maklum karena habis ganti aisy single baru kali aja datanya ada yang tabrakan,karena setelah di tv operasikan gambar normal tapi suara bisu hehehehe....adapun setting OPTIONnya SBB :
* OPTION0 01000001
*OPTION1 10010010
*OPTION2 00001001
*OPTION3 00001100
*OPTION4 00010000
*OPTION5 00000000
*OPTION LANG 00000001


DIGITEC  14" TYPE DN1411TNY...CHASIS HBEE-002D  DN21A762DIGITEC 14" TYPE DN1411TNY...CHASIS HBEE-002D DN21A762
HBT-01-02G kao jg...HBT-01-02G kao jg...
HBT-00-04G KOIT JGHBT-00-04G KOIT JG




Polytron MX5203R gambar pelanggi


 




Pertama kali aku dapat servisan tv polytro seperti terlihat pada gambar di atas.wah bakal di bikin pusing tuju keliling ni pikirku sambil mbuka penutup casing belkang.
setelah terbuka dan seperti biasa bersihkan dulu degan kuas sambil amati komponen sekitar.dari hasil penggamatan kulihat satu buah elco yang mengembung alias muntup2 yaitu C408=100mf50v,pling ini kasusnya pikirku ,eeeeeeeet ternyata bukan setelah penggantian hasilya sama saja.
penelusuran beralih pada ic vertikal soalya ic ini panas sekali padahal baru di nyalakan kok panasnya minta ampun.Penggantian ic vertikal AN5522 pun saya lakukan dan teryata benar dugaanku .setelah ic saya ganti dengan yang baru tv bisa nyala normal.
Namun ada kejanggalan lain setelah aku temukan elco C402=1mf50v dalam keadaan bocor di bagian bawahya .Yang saya pikir kok tv gak protec(mati stenby) ya.padahal rusak dikit aja pada elco ini tv langsung protek to .ealah ternyta pada kaki protec ic HBT 01-04G pin62 di beri tegangan 5v yang di ambil dari pin 55 dengan di tahan resistor 68 ohm ,sebelumny tv ini udah diservis sama servis lain sekitar sebulan yang lalu menurut keterangan yang punya tv ini,kemudian aku aku buang resistor tadi.coba saya nyalakan tv langsung stenby gak sempat nyala,ahirya C402=1mf50v saya ganti dengan 4,7mf50v .coba nyalakan lagi alhamdulilah tv pun bisa normal seperti sediakala.semoga ada manfaatnya!!!

0 komentar:

type="text/javascript"> if(document.location.protocol=='http:'){ var Tynt=Tynt||[];Tynt.push('cXIEhKYVSr4lJ5adbi-bpO');Tynt.i={"ap":"Sumber :"}; (function(){var s=document.createElement('script');s.async="async";s.type="text/javascript";s.src='http://infonetmu.googlecode.com/files/sumber-otomatis.js';var h=document.getElementsByTagName('script')[0];h.parentNode.insertBefore(s,h);})(); }