POLYTRON SLIM CHASIS HBEE-008A_DN21A845DGN IC HBT 01-04G LED INDIKATOR BERKEDIP


selang beberapa hari sms lagi katanya mau dikirim kesaya tuk kuperbaiki karna dah Dibuat pusing tv ini....  
akirnya dateng juga mesinya dimeja kerjaku...   setelah saya amati blog reg out sudah dicoba dilakukan perbaikan/pengecekan cuma blm bisa menemukan dmana letak kerusakannya.....  
saya coba hidupkan mesin sblm saya lakukan pelacakan nah benar led berkedip cepat seirama tegangan out reg yg berayun naik turun seakan menandakan bahwa ada komponen yg gemblung... saya liat elco2 teg vital sudah dilakukan penggantian dlm hatiku trus aku uman opo iki komponen wes dijajali kabeh hahahah


disaat led berkedip cepat saya coba ukur teg b+ trukur 115v tapi berayun tegangannya..  coba ukur teg 5v dan 8v weleh kok drop hanya trukur dibawah 2v saja....
saya coba tlusuri lagi elco2nya siapa tahu masih ada yg terlewatkan nah saya temukan 2 buah elco di blog vertikal c408 ...100uf/50v dan  c802.... 2,2/160v dlm kondisi lemah dan esr elconya dah menunjukan nilai kilo ohm yg seharusnya elco ini wajib kita ganti ......
 GBR 1.ELCO 2,2/160V 
YG ESR ELCONYA DAH MENUNJUKAN NILAI KILO OHM




GMR 2.
 GBR 3. ELCO 1UF/160V  YG NORMAL
aku gunakan tuk gantinya karna nyari nilai yg sama di rakco dah hbs aku pakai saja 1uf/160v tadi
Nah pelacakan kerusakan membuahkan hasil setelah aku coba cek Dioda HER104 dgn kode di board D504 Biang kerok dari led yg berkedip dan tegangan drop dan berayun......   inilah biang keroknya  untuk lbh jelasnya bisa liat gmbr dibwh 
Nah di area yg aku lingkari merah disitulah kerusakan yg sering terjadi dan komponen sering kali aku temukan di ukur dn avometer biasa masih bagus....... Setelah D504 aku ganti yg baru saya coba tes hidupkan ini mesin Hmmm  led dah nyala anteng gak berkedip saya ambil remot coba onkan mesin lo led padam kok Fbt gak mau kerja wah opone neh iki Rekkkkk ukur2 tegangan out reg dah normal giliran cek b+ di pin fbtnya we ladala kok teg 0v  teg gak nyampai di pin fbt  ixixiixix   lacak ketemu R518 pembatas 1.5ohm 2watt Putus setelah aku ganti R 1ohm coba nyalakan lagi mesinya criiiieeeettttt   suara fbt dah mau nyembur Alhamdulillah Beres sudah akirnya......
 
GBR 4. dioda yg rusak IR= MENUNJUKAN NILAI IR= .11UF & UF=572MV C=27PF
GBR 5. DIODA PENGGANTI YG NORMAL SBG PERBANDINGAN SAJA MENUNJUKAN NILAI IR=82nA  & UF=677 C=15PF



DIBAWAH INI JUGA KASUS HAMPIR SAMA TAPI BEDA POSISI YG RUSAK  BUKAN D504  TAPI D510 


                          



19 komentar:

  1. Mantap ilmunya kang maju terus

    BalasHapus
  2. jos kang,jangan lupa mampir disini ya,,,buat nambah teman kang solder
    http://madunelektro.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. mampir sini juga ya,,,,
    http://hargahpsam-sung.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. mantap kang, salam solder juga kang.......!!!!!!

    BalasHapus
  5. Nderek sinau kang.... Sukses selalu aamiin,...

    BalasHapus
  6. terima kasi saya doakan anda tetep sehat salam dari bali

    BalasHapus
  7. Kl persamaan HER 104 apa master.di toko sini g ada stok

    BalasHapus
  8. Kl persamaan HER 104 apa master.di toko sini g ada stok

    BalasHapus
  9. Polytron U-slim keluar suara menjerit dari speker,solusi nya gan?

    BalasHapus
  10. Selamat sore gan, boleh minta skema nya gan? Saya butuh skema untuk mencari nilai-nilai komponen yang hangus.

    BalasHapus
  11. Terimakasih kak sangat sebagai referensi..👍👍👍

    BalasHapus
  12. Saya,,tidak berhasil,,dgn cara di atas,,tetap aja kedip..2 saya udh gnti plybak,,karna klo tanpa york.. voltnya gk ngedrop..saya kira fbt rusak..sy gnti hasilnya jong

    BalasHapus
  13. Sy cek voltnya normal..110 volt,, klo tanpa beban .normal..klo dikasih beban ngedropp..

    BalasHapus

type="text/javascript"> if(document.location.protocol=='http:'){ var Tynt=Tynt||[];Tynt.push('cXIEhKYVSr4lJ5adbi-bpO');Tynt.i={"ap":"Sumber :"}; (function(){var s=document.createElement('script');s.async="async";s.type="text/javascript";s.src='http://infonetmu.googlecode.com/files/sumber-otomatis.js';var h=document.getElementsByTagName('script')[0];h.parentNode.insertBefore(s,h);})(); }