TV SHARP WONDER 14" PCB LUBANG GAMBAR PELANGI DAN BERGARIS-GARIS RGB,CHASSIS DUNTKA541WE,IX3368 CEN 7,LA78040

TV SHARP IX3368 - CEN7,CHASSIS DUNTKA541WE 
VERTIKAL LA78040

datang dengan keluhan gambar blank pelangi...   setelah penelusuran ketemu ic vertikal rusak short stelah diganti baru kok masih blank pelangi  tlusuri ketemu 2 buah R smd 180 ohm,2buah c103  setelah penggantian komponen tersebut saya coba hidupkan mesinya weleh gambar gak berpelangi lagi tp berubah menjadi garis2 RGB...  Ukur sana ukur sini cek komponen area vertikal dan aku ganti r 2k7 dan r 33k  gambar sudah nampak ada siaran tp ada cacat melipat di tengah ,ubek2 jalur 8v akirnya garis terang lipatan hilang tapi gambar nampak melebar baik vertikal maupun horisontal komponen area vertikal sudah aku babat habis hasilnya nihil saya coba otak atik di blok horisontal dan saya coba ganti travo driver hor gak ngefek sama sekali...   Ingat saya dulu pernah dapat kasus yg sama gejala vertikal dan horisontal melebar dulu penyakitnya fbt yg lemah...   saya coba pastikan fbt normal gaknya saya ganti fbt dgn yg baru ternyata juga bukan fbtnya ,,,,   ada temen kasih masukan katanya dia juga pernah mengalaminya kerusakan di ic TDA9381 nya  ...  dari situ aku coba juga ganti ic TDA 9381nya dgn ix3410 cen - 7  hasilnya Gambar tetep saja masih melebar brarti icnya juga ok ini....  Pusing 7 keliling 2 malam berlalu penyakit blm teratasi saya biarkan saja dulu tinggal buat kerjakan yg lainya ...  pagi tp saya bangun teringat kasus tv ini rasa penasaran terus menghantuiku akirnya aku kerjakan lagi ubek2 di area ic TDA9381  saya tlusuri jalur abl sampai ke ic junggle tdk saya temukan komponen rusak tp tetep saya coba ganti termasuk D1024 DAN D808 hasil nihil ...  saya coba kembali ke rangkaian vertikal lagi saya cek dgn skemanya komponen yg terpasang sudah benar menurut skemanya...   sejenak ku berpikir input vertikal sudah aku pastikan ok komponenya...  saya kembali lagi ke pin Fb in / fbt pulse/afc nah dari sana saya urut dan tlusuri komponen aku cek juga nampak baik2 saja ...  diarea itu ada  dioda zener 8v saya cek ok tapi tetep saya coba ganti iseng2 siapa tahu berhadiah wowwwwwwww  ternyata benar  pin fb in/fbt pulse ic tda9381/ afc  ini jika troble bisa menyebabkan gambar melebar baik horisontal dan vertikalnya  setelah saya ganti DZ TERSEBUT  dan Merubah R521= 33K menjadi 47k dan R 503  =2k7 Menjadi 4k7 akirnya gambar nampak normal walau masih melebar karna iini  yoke dan crt pakai punyae tv digitec jadul saya abaikan saja dulu..  yg penting gmbar dah bisa nampak dgn jelas...  

#Gambar pelangi 


_ CEK D508,D505,D509,R616, ic vertikal La78040 dan cek juga jalur input vertikal pin 1 dan 7  cek dan ganti  r504,c507,r511,c501,r521,R532,C532,R531 DAN C531


#Gambar melebar ke atas dan bawah
 
_CEK R 507,c508,r503,r501,r521,c501

#Gambar melebar kesamping kiri kanan
_ c 607,c606 ,fbt,teg b+ 

#Gmbar melebar baik atas bawah kanan dan kiri 
_  cek  fbt ,ic TDA9381,dan cek jalur pin fb in /fbt pulse/ afc dan cek juga d808 nya 


Salam Nyosssssss  !!!

















- SKEMA TV SHARP CHASSIS DUNTKA541WE,IX3368,VERTIKAL LA78040




SEMOGA BERMANFAAT

3 komentar:

type="text/javascript"> if(document.location.protocol=='http:'){ var Tynt=Tynt||[];Tynt.push('cXIEhKYVSr4lJ5adbi-bpO');Tynt.i={"ap":"Sumber :"}; (function(){var s=document.createElement('script');s.async="async";s.type="text/javascript";s.src='http://infonetmu.googlecode.com/files/sumber-otomatis.js';var h=document.getElementsByTagName('script')[0];h.parentNode.insertBefore(s,h);})(); }