TV JVC AV20NTB-5 BLANK DAN AUDIO JADI BISU


JVC AV 20NTB-5

DATA TV :

_IC PROG MN1873287JB1
_IC CROM NN5198K
_VERTIKAL AN5539
 _AUDIO LA4287
_STR G6653
_HOR C5388 (DARLINGSTON)
 _FBT QQH0073-001->>04702454
 COL_B+115_NC_25V_GND_H_ABL_180_GND

gejala pertama kali saat aku coba hidupkan sblm aku kerjakan ada suara cetik cetik di regulator dan led indikator padam....
setelah aku bongkar dan cek pertama kali di Elco b+ fbt menggunakan Esr led Nah dititik ini Short stelah pin fbt b+ aku cut dijalur elco tadi dah  gak short giliran saya cek tr hor nah ketemu tr c5388 sudah koit short sblm aku ganti tr tersebut aku coba cek dulu fbtnya dgn TES FLYBACK  setelah aku tes weladalah fbt menunjukan short walaupun fbt masih bisa nyembur dengan ditandai di vu tes fbt menunjukan lebih dari 100%...  Brarti fbt troble

 karna kurang jeli dan gak cek dulu sistem kerja dari rangkaian driver horisontalnya saya ganti TR tersebut dengan tr horisontal biasa saya masih penasaran saya coba lagi pasang fbt aslinya dan tr hor biasa tv bisa hidup gambar sebelah kanan kurang kira2 1cm....  blok hitam...  setelah hidup kira2   5 menit  blok hitam lama2 menjadi melebar ketengah dan crettttt  Tr horisontal konslet... saya sentuh pendingin trnya Duh ..  Jariku srasa menyentuh bara yg menyala...  wkwkwkwkk
Setelah tr konslet saya penasaran saya coba modif fbtnya dengan fbt 154 -064p dan tr saya ganti dengan c5368 dan saya coba hidupkan tvnya crakkkk  langsung protec saya amati leher tabung menyala terang sekali waduh heter modar pora iki....   saya cek heter masih aman2 saja...   saya lanjutkan lagi tuk membuatkan teg heter karna disaat itu aku rasa heter teganganya jadi naik...  aku cek b+ fbt trukur normal2 saja trukur 115v...  setelah aku buatkan teg heter dari lilit di ferit fbt 3 L saya coba Coba hidupkan lagi mesinya Crakkkk  led kedip2 alias protec dan ada R komponen yg terbakar steker saya Cabut dan saya liat R 554 Terbakar langsung saya ganti baru saya coba lagi kok masih protec saya cek R 551 fuse teg vertikal putus saya ganti yg baru saya coba hidupkan lagi dort vertikal pecah nah setelah vertikal saya cabut saya cari komponen apa saja yg bikin protecsi ketemu di jalur vertikal pin 2 / vertikal out put ada 2 buah dioda smd bodi seperti tr kaki 3 setelah dua buah dioda aku ganti dgn DZ 12v dan D 1N4148 yg dipasang seri ...


                                              
sambil berfikir dan coba cari tahu prinsip kerja jvc ada seorang konco sol.... istilahe wong jowo konco joget hahhha
dia kasih saran untuk mengecek prinsip kerja dari rangkaian driver horisontalnya Akirnya sedikit demi sedikit Aku makan juga itu saran... ternyata driver hor tidak menggunakan trafo driver jadi menurut prinsip kerja teg basis tr hor ini DC...  maka Tr hor menggunakan tr bukan sembarang tr ,TR DARLINGSTON menurut info... 

 Cara modif TR nya karna TR C5388 ini susah di dapatkan..
maka aku modif seperti ini 
 

 
 dan fbtnya... saya pakai FBT Punyanya tv Lg /goldstar 154-064p buat modif .
setelah smua selesai saya coba hidupkan tvnya Crakkkkk...  hati lega sekali tv hidup tanpa gambar dan suara  bisu seakan gak ada siaran...HAHAHAH   Tampilan blank tapi anehnya GINI saat Gambar blank saya coba tekan tmbl CH ...  gambar tampil cuma sesaat saja dan kembali BLANK tekan ch lagi siaran nampak ...  hmm brarti program dah bekerja dgn benar saya coba sentuh2 input audionya juga gak reaksi kmudian saya coba out put audionya saya coba buang ke power PA biar kl ada suaranya bisa terdengar jelas...  suara keluar tp kecil sekali seakan2 seperti grounya putus..
 ...setelah saya tlusuri di hari brikutnya akirnya terjwab sudah biang keladi dari tampilan Blank dan yg bikin AUDIO jadi bisu   di pin fbp pin 52 ic NN5198K dan  D553, bodi smd kaki 3 dan D554 smd kaki 2  setelah saya  cek SHORT karna ditempatku gak ada komponen kutu itu saya ganti dgn dioda kaca biasa...  D553 =DZ5V  ,D554 = 1N4148...  saya rapikan smua dan tes Alhamdulilah suara dah gak bisu dan gambar keluar normal2 saja dah pas walaupun fbt aku ganti dgn yg lain...  pendingin tr hor saya sentuh juga adem2 saja dah gak overheat...  karna tr sudah aku modif ......
RUNING TES


VERTIKAL  AN5539


 
CROMA NN5198K
INI SAAT PENAMPAKAN GAMBAR KELUAR JIKA AKU TEKAN TOMBOL CH


5 komentar:

  1. hari ini dapet mesin tvdengan spek di atas...sangat terbantu..thank agan

    BalasHapus
  2. Boleh minta nomer wa bang..ini wa saya 085212102992..cz tv sm kyk punya abang..tp kerusakan beda..

    BalasHapus
  3. Sy mau nya ni bos tv sy JVC hidup sebentar mati lagi

    BalasHapus

type="text/javascript"> if(document.location.protocol=='http:'){ var Tynt=Tynt||[];Tynt.push('cXIEhKYVSr4lJ5adbi-bpO');Tynt.i={"ap":"Sumber :"}; (function(){var s=document.createElement('script');s.async="async";s.type="text/javascript";s.src='http://infonetmu.googlecode.com/files/sumber-otomatis.js';var h=document.getElementsByTagName('script')[0];h.parentNode.insertBefore(s,h);})(); }