POLYTRON U-SLIM TROBLE C802 MELETUS

 
Dateng polytron u-slim 21" semlm jam 10,  temen bilang tv mati led indikator juga gak hidup....
setelah saya coba cek tancap steker dan tes  saya dengar ada bunyi ciittttttt saya rasa regulator ada beban berat ,,,   langsung saya buka chasing dan saya coba cek pertama kali elco b+ dengan ESR Led wo benar ternyata aku cek di elco b+ menunjukan ada yang short usut demi usut ketemu tr hor MD2009DFX  short...  dan saya tlusuri lagi ketemu c 802 yg nilai Esrnya dah menunjukan nilai kilo bila dibaca dengan esr digital tapi saya ceknya pakai Esr led ...  led hanya nyala 1 buah saja ,setelah saya ganti kedua komponen tersebut saya coba tes bismillah....   ada suara nyiiiiiittttttttt selang berapa detik dorrrr elco c 802 yg dah aku ganti baru 
langsung meledak, steker langsung aku cabut lagi saya pikir horisontal jebol lagi kayaknya...  setelah saya cek ternyata hor masih ok....  kmudian saya tlusuri dari c 801 saya cek trukur 11pf saja padahal c ini nilainya 300n pantas saja meledak...   saya  cek juga d313 jg dah swuak saya baca di digital gak terbaca sama sekali tapi sebelumnya saya cek pakai avo analog masih ok wah semprul....  langsung ganti juga ...  dioda DMV1500 juga sekarat ...  wkwkwkwkwk setelah pengantian komponen saya coba tes cretttttttttttt tv mau star tapi trus stanby alias protec, weleh opone neh iki....  saya sentuh body si elco c 2,2uf/160v   panasnya bukan kepalang wah di jalur ini masih troble dan saya dengar masih ada suara mencuit seakan yoke hor blm bekerja secara maksimal....   iseng2 saya coba naikan nilai c 300n menjadi 390n  dan saya coba tes lagi Crakkkkk  fbt bekerja layar berkedip kemudian muncul raster Ayeme Cak neng ati.....   akirnya terselesaikan juga .... 








  1.  C812/ 15n 1,6kv Rusak mengakibatkan TR horizontal langsung jebol/ koslet ditandai dengan matinya indikator karena teg B+ langsung drop.
  2.  C801/ 300n 800v Rusak mengakibatkan gambar mengecil hingga tinggal satu garis vertikal & berimbas pada meletusnya C802/ 2,2 160V dan juga bisa mengakibatkan TR EW T803/ D313 short dan parahnya TR Horizontal ikut rusak. Pernah mendapatkan akibat rusaknya C300n ada suara menCuit - Cuit pada flyback disertai denyutan turun naik tegangan B+nya,
  3.  C817/ 82n 630V Rusak mengakibatkan gambar jadi zoom atau melebar hingga logo siaran tv hanya terlihat separuh.
  4.  TR EW  OUT T803/ D313 Rusak  mengakibatkan bila short gambar jadi melebar dan tak bisa diatur, dan bila loos gambar jadi menyempit dan tak bisa diatur melalui service mode.
  5. Dioda D804/ DMV1500 Rusak mengakibatkan gambar melebar dan TR horizontal cepat panas, namun bila dioda koslet mengakibatkan B+ jadi drop.
  6.  input TR EW out D313 diberi dioda sehingga bila TR short tidak mengakibatkan rusak pada drivenya.
  7. Rusaknya Flyback mengakibatkan B+ drop dan TR hor cepat panas dan langsung koslet..
Semoga bermanfaat salam sukses slalu buat konco2.......  


11 komentar:

type="text/javascript"> if(document.location.protocol=='http:'){ var Tynt=Tynt||[];Tynt.push('cXIEhKYVSr4lJ5adbi-bpO');Tynt.i={"ap":"Sumber :"}; (function(){var s=document.createElement('script');s.async="async";s.type="text/javascript";s.src='http://infonetmu.googlecode.com/files/sumber-otomatis.js';var h=document.getElementsByTagName('script')[0];h.parentNode.insertBefore(s,h);})(); }